Pages

Wednesday 30 May 2012

review ASUS N43SM

mumpung belum banyak yang post tentang ASUS N43SM, saya ingin me-rivew laptop ini.

spesifikasi yang saya dapat:
  • prosesor Intel Core i5-2450M 2,5GHz bisa boost sampai 3,1GHz
  • VGA nvidia 630M dengan VRAM 2GB
  • RAM 4GB
  • HDD 75GB
  • Audio by Bang & Olufsen ICEpower
  • dan lain lain..
Saya menggunakan sistem operasi Windows 7 64-bit karena CD Driver yang didapat dari ASUS mengatakan hanya kompatibel dengan 64-bit Windows 7.
menurut saya desain dari laptop ini sangat bagus jika dibandingkan dengan laptop ASUS yang lain, dengan menggunakan material yang terlihat seperti alumuinum, laptop ini terkesan elegan dengan warna abu abu dan hitam.
Dengan spesifikasi GPU yang memumpuni, saya mencoba game-game terbaru dan berjalan dengan lancar, dengan settingan Power4Gear High Performance tentunya, game yang sudah saya coba antara lain GTA IV, NFS the run dan hot pursuit, PES 2012, Battlefield 3, dan banyak yang saya sudah lupa..
Suara yang dihasilkan oleh speaker dari laptop ini sangat baik, bahkan jika dibandingkan dengan laptop lain sekelasnya, maka suara laptop ini bisa dibilang yang terbaik, sudah saya buktikan saat bermain game multiplayer dengan teman teman..hehe
Dengan harga yang ditawarkan (saat itu saya beli 7,25jt) saya rasa relevan dengan spesifikasi yang ditawarkan..

sekian dan terima kasih

29 comments:

  1. Beli segitu dah sama OS blm?? beli dimana mas

    ReplyDelete
  2. segitu belum sama OS mas, belinya saya di podomoro semarang..

    ReplyDelete
  3. Kalo headphone dicolok tapi speaker tetap dibikin hidup, bisa?
    ( headphone & speaker hidup bersamaan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu bisa liat di link ini gan
      http://www.sevenforums.com/sound-audio/226248-how-enable-my-laptop-speakers-headphones-same-time.html

      disana ada caranya yang di postingannya yang seperti dibawah ini

      Here's the trick to do it (and it's been verified on 3 other Win 7 systems):
      1) R click on your speaker icon, select 'Recording Devices' (if you have the sounds dialog up, it's the 2nd tab 'Recording')
      2) R click in the white space, be sure that BOTH "show disabled devices" AND "show disconnected devices" are checked.
      3) **Now this step is going to take a little bit of thought for each computer being used: on my laptop (HP Elitebook) I get a device "Stereo Mix", ENABLE this device.
      4) Click on Properties, go to the tab 'Listen'
      5) Check the box "Listen to this device", also change the drop-down box below "Playback through this device" to be your second audio device
      -- To verify that you've done this correctly, go back to the Sound dialog tab Playback, you should now see both of your audio devices showing the little green graphs moving.

      Delete
  4. Permisi mas, mau tanya nih, saya juga pengguna Asus N43SM.
    saya menggunakan touchpad driver Elantech 8.0.5.1 bawaan cd driverny.
    waktu saya mau coba multi gestureny seperti rotate atau zoom dengan dua jari kok gak bisa ya?punyanya mas bisa gak?atau asus n43sm ini nggak support untuk ngezoom atau rotate?

    #rotate, zoom yang dimaksud seperti gambar pada link dibawah ini:
    http://id.asus.com/websites/ID/products/GTBcdM8mPPDX0Q0h/MULTITOUCH-New.jpg

    saya takut touchpad saya yang rusak, soalny baru beli sekitar 3 minggu yang lalu.

    ReplyDelete
  5. saya juga ga bisa zoom yang cubit cubit itu gan.. coba diliat di aplikasi elantech nya, disana saya liat ga ada cara setting cubitnya..

    ReplyDelete
  6. gan, ane baru beli asus n43sm nih, tapi ada yg janggal, pas ane mau ngetik (mau ngetik huruf j,k,l) kok malah yang keluar angka?
    bisa kasih saran ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu number lock nya aktif, coba pencet fn+insert(num lk) yang disebelahnya tombol delete

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Gan, ane make asus n43sm ini, kok mulai dr fn yg buat mute sampe ke kanan terus ga bisa fungsi ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane kagak salah, itu driver yang namanya "kb filter"
      di cd driver nya ada, coba di install, atau di download di web nya juga bisa.
      agan pake windows 7 atau 8? waktu itu ane pake windows 8, fn kadang jalan kadang engga.
      semoga terjawab gan

      Delete
    2. Kebetulan ane beli windows 7 home basic 32-bit, pengaruh gak ya gan? Hmm..nanti ane coba dulu deh, thx ya sarannya :)

      Delete
    3. oooh, kalo 32bit kayaknya ga bisa pake cd drivernya langsung, dulu saya di windows 8 install secara manual apa yang ada di cd driver..
      kalo ada softwarenya yang gak kompatibel, bisa download langsung dari web nya gan..

      Delete
  9. Gan ane pengen ganti OS ke win8 release preview nih, tapi CD driver kan ga compatible. Kira kira install drivernya gimana ye gan
    Takutnya ada yg salah
    Boleh minta sarannya ya gan hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari cd driver, jangan lewat autorun nya, di explorer buka satu satu folder drivernya, install satu persatu
      tapi ada beberapa aplikasi yang ga bisa diinstall, seperti winflash buat bios itu,
      saya install driver intelnya juga malah ga mau jalan layarnya, dari windowsnya uda ada drivernya yang kayaknya

      tapi kalo release preview yang saya coba di laptop saya, windowsnya kadang hang gan, ati ati aja
      game yang harusnya lancar malah nge lag banget..
      coba yang rtm deh gan, ntar kalo udah, kabari saya ^.^

      Delete
    2. Ok gan
      saya sedang download nih enterprise
      nanti saya kabar kabari dah :D

      Delete
  10. Sesuai janji saya share review win8 rtm hhe
    saya pake win8 enterprise build 9200
    sudah 3 hari make ga nemu masalah apa apa semua yang saya install lancar jaya office 2013 rp, adobe flash cs6, blender, Coreldraw X6, dll
    semua game juga lancar GTA IV, assassin creed II, borderland, dll
    Metro UI nya udah jalan semua aplikasinya cihuy ^_^
    driver dari CD bisa diinstal hampir semua cuma driver bluetooth dan asus video magic yg gabisa (Oh ya saya install pake autorun loh gausah diinstal satu per satu caranya ubah aja compability mode autorunnya)
    Pokonya asik dah pake win8 lebih betah dari win7 kalau saya
    Mungkin baru segitu yang saya rasakan hhe
    Oh ya tapi aneh nih rating dari microsoftnya turun jadi 4.9 dulu 5.0 :|

    Oh ya boleh nanya gan dulu maen GTA IV nya pake patch 1.0.4 atau 1.0.7 ? saya pake 1.0.4 kerasa lappie jadi jauuuh lebih panas dari 1.0.7 dan 1.0.4 kadang patah patah , tapi 1.0.4 nih katanya bisa install banyak mod

    makasih ya gan ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasi banyak gan..
      rating dari microsoft gausa ditanggepin gan, itu yang dinilai 5.0 atau 4.9 kan cuma intel hd 3000 nya, bukan nvidia nya.. hehe
      kalo patch gta iv itu saya lupa gan, udah lama banget gak main game itu, masi pengen mainan max payne 3 tapi belum bisa-bisa hihi..

      Delete
  11. saya br beli n43sm jg nih,
    kq bluetooth nya gk bs y gan? ad yg tau knp?
    ada tanda seru d bluetooth devicenya d device manager,

    trs jg fn+f9kekanan pada gk bs semua, why??

    ReplyDelete
  12. Ane baru beli ni laptop..
    memang puas banget makenya..
    makasi buat mas afif yang dah ngereview

    ReplyDelete
  13. mas afif, aku dah pake win 8 pro build 9200.
    FIFA 13 ama Street Fighter vs Tekken malah ga jalan. AAAAAARGH.
    minta solusi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga jalannya gimana mas?
      saya juga pakek windows 8 pro, tapi belum coba buat game itu..

      Delete
  14. mas saya baru mau beli laptop asus, ada 2 seri yang saya pengen antara seri N43SM dengan seri A43SM mending mana ya?klo seri A kan seri performance sedangkan seri N seri multimedia, mohon sarannya mas,thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari spesifikasi yang seri A itu beda apa engga? kalo engga beda, saya mending pilih n43sm aja sih, desainnya bagus, suaranya nendang banget dari speakernya, dan udah saya bandingin dengan seri A.
      kenapa nggak pilih Asus N46VM-V3037D aja? harganya ga beda jauh sama n43sm, udah core i5 ivy bridge, dapet subwoofer juga..
      N46VM ada 2, yang V3037D itu i5, harga 7,2an. kalo yang V3035V itu harganya 10jtan tapi core i7

      Delete
    2. oia, kalo buat seri A atau N itu ga ada bedanya, setau saya seri N yang untuk multimedia itu punya suara bagus sama desain yang bagus juga.
      jadi kalo spesifikasinya mirip persis, mau buat multimedia atau performance sama aja hasilnya

      Delete
  15. ane pengguna asus n43sm juga nih, mau share dikit aja... upgrade RAM dari 4GB bisa maksimal sampai 16GB,... sampai sekarang laptop saya masih anteng2 aja, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sampe 16GB, ane cuma sampe 8GB doang gan, plus sama nambah ssd doang. ngorbanin odd si, tapi gapapalah
      laptop ane untungnya masi anteng juga sih, cuma batre aja yang pernah diganti. terus sering dibongkar juga kalo udah banyak debu di kipas.
      awet banget ini laptop udah 4 tahun tapi layar, mainboard, harddisk, odd, speaker, dll belum ada yang rusak. cuma batre ane doang yang diganti

      Delete
  16. Saya juga pake n43sm udh 9thn tp saya install win 11 pro kok fitur intel virtualization teknology ya hilangnya dibios 213 terbaru ga option ya apa ada yg sama

    ReplyDelete